Interior Surabaya, Gresik, & Sidoarjo

Tata Griya Desain Interior Hadir di Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo

Desain Interior Surabaya

Tata Griya Desain Interior Surabaya. Tata Griya berpengalaman mengerjakan proyek interior dari dalam dan luar negeri.

Inilah Tips Untuk Memilih Sofa Yang Nyaman Dan Tahan Lama

ade bagus kusuma
Ade Bagus Kusuma
Close
more info
Next show in
DAYSHOURSMINSSECS

Saat menggunakan sofa juga perlu kenyamanan.Rata-rata sofa bertahan di rumah sekitar tujuh hingga 10 tahun. Ketahanan warna kain pelapis yang tak mudah pudar, elastisitas busa, kekuatan rangka, serta bentuk yang ergonomis adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sofa nyaman diduduki dan enak dipandang. Memilih sofa juga membutuhkan penyesuaian beberapa komponen. Misalnya, sesuaikan motif kain pelapis dengan tema ruangan dan pilih sofa yang sesuai isi dompet.

Berikut, simak tips memilih sofa yang nyaman dan tahan lama :

218_gambar-bantal-sofaSesuai Kebiasaan
Sebelum membeli, Anda tentu mengetahui di mana sofa tersebut akan ditaruh. Ruang tamu, ruang keluarga, atau teras belakang? Dari area ini, ketahui pula kebiasaan keluarga ketika menggunakan sofa.

Sebutlah sofa ruang keluarga yang akan menjadi pusat aktivitas keluarga sambil menonton TV. Maka, Anda membutuhkan sofa bingkai yang kokoh dan nyaman untuk diduduki. Jangan lupa melengkapinya dengan cushion sebagai bantalan.

Sofa ruang keluarga tentu akan berbeda dengan sofa ruang tamu. Penggunaannya lebih sering dengan daya tampung yang cukup banyak, sehingga sofa yang sejajar dengan televisi, sofa yang ditata setengah lingkaran, atau sofa berbentuk menyudut lebih pas untuk ruangan ini, kan?

iklan-crafter

Hitung Ukuran
Ada banyak sekali ukuran sofa yang dijual, jadi berhati-hatilah mengukur luas area ruangan. Pasalnya, sofa bakal terlihat lebih kecil ketika ditaruh di toko furnitur yang lebih luas dengan langit-langit yang tinggi. Namun, ketika ditaruh di rumah, bisa jadi sofa tersebut terlalu besar hingga menyebabkan ruangan terkesan sesak dan menghambat mobilitas penghuni.

Jadi, sebelum membeli, pastikan ukuran sofa yang dibutuhkan. Hitunglah berdasarkan luas ruang dan ukuran furnitur yang berada di sekitarnya. Selanjutnya, pilih juga jenis sofa yang dibutuhkan. Apakah three-seater sofa , loveseat yang hanya menampung dua orang, atau sectional sofa yang dirangkai menyambung hingga berbentuk siku (L shape )? Terakhir, sesuaikan dengan jumlah penghuni rumah.

Tak usah khawatir bakal kesulitan membersihkan threeseater sofa bersandaran tinggi nan modern. Toh, pelapisnya mudah diganti.

Jenis Kain Pelapis
Ketika memilih sofa yang nyaman dan tahan lama , Anda juga perlu mempertimbangkan kain pelapisnya. Tak banyak yang menyadari, kain pelapis (upholstery ) sangat menentukan harga sofa impian. Maka sebelum menentukan, lebih baik seimbangkan sisi estetis, harga, dan ketahanan material.

Umumnya, pemilik hunian merasa bimbang memilih material pelapis. Kulit atau kain? Pastinya, beda material, beda pula nuansa gaya yang tercipta. Sofa yang dilapisi dengan kain, misalnya, akan terlihat lebih kasual dan ceria. Sementara pelapis kulit mengesankan gaya yang lebih klasik dan mewah.

Hati-hati saat Anda memilih kain pelapis sofa. Kekeliruan bisa membuat Anda merugi karena harus mengganti kain sofa sebelum waktunya. Oleh karena itu, sekali lagi, pilih kain pelapis berdasarkan lokasi dan kuantitas penggunaan sofa.

Sofa di ruang keluarga akan lebih sering digunakan dan memiliki risiko lebih cepat kotor karena terletak di “jantung hunian”. Maka, bila sofa ini diberi pelapis kain yang terlalu halus, kain bisa mudah rusak karena tumpahan minuman atau terlalu sering bergesekan dengan anggota badan.

Pemilihan warna atau motif pun harus diperhatikan, lho. Lebih baik, pilih corak dan warna yang selaras tema hunian dan sesuai selera Anda. Oh ya, memilih kain pelapis berdasarkan corak atau tren yang sedang naik daun sangat tidak dianjurkan. Ingat, Anda akan melihatnya setiap hari selama bertahun-tahun ke depan, lho!

Tahan dan Nyaman
Apa tips memilih sofa yang nyaman dan tahan lama lainnya?

Masalah konstruksi dan suspensi menjadi kunci sofa yang tahan lama. Konstruksi penyangga sofa mayoritas menggunakan kayu yang sudah dikeringkan agar tidak lembap. Anda dapat memilih bingkai yang ditutupi pelapis hingga lantai, bisa juga memilih sofa dengan kaki-kaki kayunya yang terekspos. Sofa yang diberi pelapis hingga lantai umumnya lebih nyaman, empuk, dan lembut. Sementara kelebihan sofa dengan kaki-kaki terekspos adalah memudahkan proses pembersihan lantai di area sofa.

Selain kayu asli, ada pula plywood, yaitu papan pabrikan berlembar-lembar yang digabung sehingga hampir menyerupai kekuatan kayu asli. Meski tak sekuat kayu sekelas jati, namun secara harga furnitur plywood ini umumnya lebih murah.

Pilihan lain adalah konstruksi dari besi yang terlihat lebih modern dan minimalis. Meski kuat, besi tak dapat dibentuk dengan mudah, sehingga tak terlalu banyak variasi yang bisa dilakukan. Nah, setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan material konstruksi ini, Anda bisa lebih mudah mengetahui bahan dan jenis material yang sesuai untuk sofa di hunian.

Sementara suspensi memegang peranan penting dalam hal kenyamanan. Untuk mengetahuinya, coba duduki sofa tersebut dan rasakan secepat apa sofa merespons untuk menahan berat badan Anda. Selain ditentukan suspensi, pengisi sofa pun akan berpengaruh, apakah sandaran dan dudukan sofa diisi oleh dakron, busa, atau bulu angsa.(tabloid nova)

Incoming search terms:

tips desain carport sesuai dompet,cat tembok motif dengan kain untuk dinding luar,menata ruangan minimalis dari ruang tamu sampai isi ruan,motif cat dinding dengan busa,sofa nyaman untuk nonton tv,sofa tahan lama,trik menata ruang tamu&living room,www Memilih Sofa Yang Nyaman U ruang Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

 
 
previous next