Interior Surabaya, Gresik, & Sidoarjo

Tata Griya Desain Interior Hadir di Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo

Desain Interior Surabaya

Tata Griya Desain Interior Surabaya. Tata Griya berpengalaman mengerjakan proyek interior dari dalam dan luar negeri.

Tips Cara Merawat Lantai Kayu dan Parket Kayu

ade bagus kusuma
Ade Bagus Kusuma
Close
more info
Next show in
DAYSHOURSMINSSECS

Tips Cara Merawat Lantai Kayu dan Parket Kayu. Semakin banyak masyarakat urban yang mulai menyukai lantai kayu. Lantai kayu menimbulkan kesan elegan, hangat, dan natural. Lantai kayu ada bermacam-macam mulai jenis kayu solid hingga engineering.

Biasanya, pelapisan (coating) diterapkan pada semua jenis lantai kayu dan parket. Coating engineered dan laminated parquet sudah dilakukan sejak di pabrik. Sedangkan pelapisan lantai kayu solid ada yang dilakukan di pabrik, ada juga yang manual.

Perlu perlakuan yang lebih seksama dan perawatan berkala tetap diperlukan. Misalnya, lantai harus segera dilap bila ketumpahan cairan. Kaki perabot yang diletakkan di atas lantai parket sebaiknya dipasangi karet. Penggunaan perabot yang berat dan alas kaki tajam seperti sepatu high heel juga harus dihindari. Berikut tips Stefanus agar lantai parket tidak kusam.

Tips Cara Merawat Lantai Kayu: Rajin Menyapu

Sama seperti jenis penutup lantai lain, sapu lantai kayu setiap hari untuk menghilangkan debu dan kerikil-kerikil halus yang bisa tertanam di sela-sela panelnya. Pakai sapu yang halus dan lembut. Di toko ritel moderen jenis sapu debu (dust mop) ini banyak dijual. Pemakaian sapu halus menghindari lantai kayu baret-baret. Atau bisa juga menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner).

Jangan lupakan permukaan parket yang ada di bawah atau tertutup perabot seperti lemari, kabinet, meja atau tempat tidur. Sapu juga lantai parket yang diinjak kaki aneka perabot itu. Bila tidak disapu dan dipel merata, tampilan parket bisa berbeda alias belang-belang. Sebelum dibersihkan, geser dulu perabotnya. Caranya, tempatkan alas lembut berupa kain tebal atau semacam handuk di kaki perabot. Setelah itu baru geser perabot secara perlahan dan hati-hati. Jangan sekali-sekali menggeser perabot begitu saja tanpa kakinya dilapisi alas lembut dulu, karena lantai parket anda akan baret dan lecet.

iklan-crafter

Tips Cara Merawat Lantai Kayu: Sering Dicek

Jangan malas mengecek permukaan lantai kayu. Perhatikan tiap sudutnya, apakah terkena kotoran, basahan atau yang lain. Apapun jenis lantainya, sudah dilapisi UV coating atau belum, sebaiknya selalu periksa permukaan parket di rumah.

Jika terkena tumpahan air, segera lap dengan kain kering. Jangan biarkan noda terlalu lama menempel karena akan mengendap ke dalam bilah parket. Cairan tajam seperti tinta bahkan akan meninggalkan noda jika tidak segera dibersihkan.

Tips Cara Merawat Lantai Kayu: Pel Sistem Kering

Lantai kayu harus dipel agar warnanya tetap terpelihara. Hindari menggunakan kain pel basah seperti ketika mengepel lantai keramik. Pasalnya, basahan dari kain pel yang menempel pada permukaan parket akan masuk meresap ke dalam pori-porinya. Jika sudah berlangsung lama, panel lantai kayu bisa rusak atau keropos. Sebelum mengepel lantai, pastikan kain pel sudah diperas kering sehingga tidak mengandung banyak air.

tips merawat lantai kayu

Jika ingin mengulang mengepel lagi, jangan gunakan air pel yang sama. Ganti air bilas di ember dengan yang baru. Dengan begitu perpindahan kotoran, kuman dari air bisa diminimalisir.

Boleh menggunakan cairan pembersih lantai, tapi pastikan memang khusus untuk lantai kayu. Jika memilih cairan pembersih lantai keramik, pastikan mengandung pH (tingkat keasaman) netral atau tidak mengandung bahan kimia yang keras.

Tips Cara Merawat Lantai Kayu: Pengilapan Secara Berkala

Lewat perawatan maksimal, lantai parket dari kayu solid akan bertahan hingga 50 tahun. Sedangkan kayu engineered dan laminated bisa awet 5 – 15 tahun. Namun, kendati dirawat dengan baik dan maksimal, tetap tidak bisa dipungkiri warna parket pada akhirnya akan memudar. Bila ingin lantai kayu di rumah tetap tampil mengilap seperti baru, tak ada salahnya memanggil jasa pengilapan parket. Biaya per meternya mulai dari Rp25.000 dengan minimum pengerjaan seluas 100 meter persegi.

Incoming search terms:

lantai kayu,lantai dari kayu,Tebal parket lantai,panel kayu untuk lantai,lantai parquet,kamar dengan lantai kayu,lantai lamina,alas lantai kayu,lantai parket bisa atau tidak dipel,list lantai,list lantai yg bagus,lantai parkit kamar tidur,lantai parkit,tips lantai kayu untuk kamar,jenis list lantai parket sebaiknya,lantai parket,lantai kayu parquet,memperbaiki lantai kayu rusak dan keropos,merawat parket kayu,sapu khusus parket,sapu khusus lantai parket,sapu dan pel untuk lantai parket,ruang tamu lantai kayu,perawatan lantai parquet,perawatan lantai kayu,perawatan lantai jenis kayu,pel parquet,panel lis lantai,Panel lantai,panel kayu lantai,pakai coatibg apa yang bagus untuk parket ?,mop lantai parket,lantai kayu parket,lantai kayu kusam,cara merawat kamar kayu,cara mengecat parket kayu,cara mengecat kayu parket,cara mengatasi sela lantai kayu,cara menerapkan panel kayu di kamar tidur,cara memperbaiki parket yang baret,cara memperbaiki lantai kayu parket yang kusam,cara membersihan lantai kayu atau parkit,cara cat lantai kayu,cairan pel khusus lantai kayu,apakah parquet bisa di pel,alas untuk parket,cara merawat kayu interior,cara merawat lantai parquet ynag kusam,lantai kamar kayu,lantai flooring,kamar pakai lantai parket,kamar lantai kayu,kain pel sama ember,interior kamar tidur dengan parket,ganti keramik dengan kayu,gambar lantai kayu,dinding dan lantai kayu,design lantai parket,design kamar lantai parket,desain parket lantai,alas kaki khusus untuk di lantai keramik

One Response to Tips Cara Merawat Lantai Kayu dan Parket Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

 
 
previous next