Interior Surabaya, Gresik, & Sidoarjo

Tata Griya Desain Interior Hadir di Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo

Desain Interior Surabaya

Tata Griya Desain Interior Surabaya. Tata Griya berpengalaman mengerjakan proyek interior dari dalam dan luar negeri.

Tips Menata Ruangan Agar Terkesan Luas

ade bagus kusuma
Ade Bagus Kusuma
Close
more info
Next show in
DAYSHOURSMINSSECS

Rumah mewah adalah idaman setiap orang Namun tak semuanya memiliki disini ada tips agar rumah kecil tampak luas dan mewah.Memiliki rumah yang nyaman dan luas memang idaman setiap orang. Begitu juga yang dirasakan pasangan Omar Pane dan Wiya Pane. Saat rumah yang mereka tinggali sebelumnya di Bintaro sektor 9 dirasa kurang luas, keluarga yang memiliki dua anak, Jasmine dan Gustav ini, memutuskan membeli rumah baru.

“Tadinya mau membeli di sebelah rumah lama, tapi bentuknya jadi memanjang kalau disatukan. Begitu memasuki cluster ini, saya langsung naksir rumah ini karena letaknya di pojok dan menghadap taman. Saya bisa lihat anak-anak kecil main di taman,” tutur Wiya senang.

Karena luas rumah yang lebih besar dari sebelumnya, Wiya bisa mendapatkan ruang yang banyak. “Tapi, awalnya kamar di sini kecil-kecil, sementara dua anak saya sudah kuliah. Makanya, saya memperbesar kamar mereka. Ruang di lantai atas akhirnya dibagi dua menjadi kamar saya dan Jasmine. Sementara kamar Gustav menggabungkan dua kamar menjadi satu, ditambah teras yang luas.”

Wiya mengaku tidak menyukai warna gelap, sehingga dipilih warna-warna terang yang berkesan lebih simpel. “Rumah lama, kan, warnanya lebih beraneka macam. Berbeda dengan di sini, warna di semua ruangan senada,” kata Wiya yang juga minta dibuatkan lemari berlaci-laci untuk menyimpan barang-barangnya.

Bersantai di Teras
Ketika ditanya mengenai sudut favorit di rumah, Wiya dengan mantap menyebut teras sebagai tempat yang sangat ia senangi. Pasalnya saat duduk di teras, perasaan tenang datang, terlebih melihat ikan-ikan di kolamnya.

iklan-crafter

“Di tempat ini saya bisa menikmati suasana jalanan, ikan, kucing, anjing, kus-kus, landak, dan kura-kura. Semuanya saya bawa dari rumah lama. Selain itu, bisa menikmati anak-anak kecil yang bermain di taman. Suasana seperti itu bisa menentramkan hati dan pikiran.”

Untuk pemilihan barang atau furnitur di rumah, Wiya selalu berkonsultasi dengan Haryo Djati, Principal & Designer Scalea. “Kalau lihat barang bagus di toko, saya foto, lalu dikasih lihat ke Djati. Kalau Djati bilang oke, saya beli. Atau Djati yang memberi tahu ada barang bagus, saya tinggal melihat,” tuturnya.

Kamar Harus Besar
Djati menceritakan, rumah seluas 304 m2 ini tadinya berbentuk standar dengan taman di dalam rumah. Karena merasa taman terlalu besar, Wiya memutuskan membangun sebagian area taman menjadi pantry .

“Keinginan pemilik rumah adalah memiliki kamar besar, satu buah living room , dan lemari dengan banyak storage untuk menyimpan barang-barang. Otomatis ruangan atas paling banyak yang diganti layout -nya,” terang Djati.

Ruang keluarga dan taman, dipisahkan kaca besar sekaligus pintu agar cahaya bisa masuk ke dalam rumah. “Pemisah tersebut sengaja tidak memakai gorden sehingga tidak tertutupi. Jadi, kan, hemat energi karena ruangan bisa terang tanpa memakai lampu. Tapi saat malam, lampu taman tetap hidup agar bisa menikmati taman. Jadi membawa suasana outdoor ke dalam rumah.”

Hal senada dilakukan di pantry yang memakai aplikasi batu alam. “Karena tak ada tembok pemisah, pantry seolah-seolah menyatu dengan taman,” kata Djati yang mengerjakan perombakan rumah ini selama enam bulan.

Mengikuti selera pemilik hunian, tambah Djati, furnitur pun menggunakan warna seterang mungkin yang senada. Ia pun membuat living room dengan lantai berwarna terang. Sementara warna hijau atau merah, diaplikasikan pada elemen-elemen dekoratif saja.

“Berhubung di rumah ini ada taman yang mewakili warna hijau, maka ruangan lebih aman dengan warna netral. Selain itu, digunakan sebagai aksen saja, misalnya di bantal.”

Lemari one way untuk penyimpanan sepatu, tas, dan baju, bisa juga digunakan sebagai cermin.

Lemari Satu Arah
Menginjak ke lantai atas, ada ruangan jeda berupa lemari untuk menyimpan tas dan sepatu. “Di lemari ini menggunakan kaca one way . Saat lampu dinyalakan, maka koleksi sepatu, tas, dan baju kelihatan dari luar. Tapi, begitu lampu dimatikan, pintunya bisa dipakai untuk berkaca.”

Sedangkan kamar di lantai atas, tetap dengan konsep sama dengan lantai bawah. “Hanya saja di kamar utama memakai parket agar suasana lebih tenang dan nyaman,” kata Djati. Menariknya lagi, kamar mandi di kamar ini didesain sedemikian rupa hingga terlihat nyaman, mewah, serasa berkunjung ke hotel berbintang.

Lebih lanjut, banyaknya baju dan barang-barang yang dimiliki penghuni membuat storage-storage besar sangat dibutuhkan. Sebagai contoh di kamar Si Bungsu yang hobi otak atik mobil, wadah-wadah penyimpanan digunakan untuk menaruh koleksi mainan mobil, komik, hingga pakaian.

Sementara di kamar Si Sulung, Djati lebih bermain pada aksesori. “Furnitur tetap dengan warna netral, tapi ada aksen warna terang misalnya pada sprei atau lukisan warna-warni di belakang tempat tidur,” terangnya.

jadikan rumah anda senyaman yang anda inginkan dengan tips diatas walaupun sempit tapi terlihat elegan dan luas.(*tabloidNova)

Incoming search terms:

denah rumah dipojok yg dibagi dua,desain interior ruang untuk baju sepatu dan tas sempit,kamar anak sempit dibagi dua,storage dikamar sempit,tata ruang tamu,tatanan ruang tamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

 
 
previous next