Kitchen Set Duco atau HPL? Kenali kekurangan dan Kelebihannya

September 1, 2014by Tata Griya InteriorTips Interior0

kitchen-set-murah.jpg?fit=500%2C300&ssl=1

Kitchen Set Duco atau HPL? Kenali kekurangan dan Kelebihannya. Seiring perkembangan teknologi finishing furniture konsumen sekarang dihadapkan pada banyak pilihan. Salah satunya dalam pemilihan antara finishing kitchen set duco atau menggunakan lapisan HPL.

Berbagai finishing yang paling umum di produksi kitchen set adalah finishing melamine, finishing duco, dan finishing menggunakan pelapis tempel atau HPL. Ada beberapa keuntungan dan kerugian dalam penggunaan berbagai ragam finishing tersebut.

 

Finishing Kitchen Set Duco

Kitchen set duco adalah kitchen set yang diberi sentukan finishing berupa cat minyak. Proses pemberian cat duco  ini dimulai dari proses pengisian filler untuk menutup pori-pori kayu. Pendempulan dengan dempul berbahan plastik composit misalnya merk san polac. Setelah proses pendempulan dilakukan proses Sanding atau pengamplasan.

Setelah pengamplasan kemudian dilakukan pengecatan dengan cat minyak, ada berbagai macam merk dan kualitas tergatung hasil yang diinginkan seperti apa. Selesai pengecatan biasanya dievaluasi lagi tentang kualitas dan kerataannya, jika masih ada yang kurang sesuai akan di filer lagi dan digosok lalu di cat kembali.

Pada tahap akhir, Kitcen set duco biasanya akan diberi coating atau lapisan terakhir agar tampil gloss atau doff. Pemberian clear selain menampilkan kesan mewah juga untuk melindungi lapisan cat. Ada berbagai merk yang beredar di pasaran, ada yang anti gores maupun yang biasa tergantung kebutuhan pengguna.

Berikut ini adalah tahapan cara finishing kitchen set duco

  • Bersihkan seluruh kitchen set, termasuk table top, dan backsplash (dinding) lalu tutup dengan menggunakan kain atau lembaran plastik agar tidak terpapar material cat.
  • Beri label semua pintu ini untuk memudahkan jika akan dipasang ulang.
  • Lepas seluruh asesoris dan hardware kitchen set, jika ada yang sulit dilepas bisa di masking dengan selotip atau isolasi khusus masking (isolasi kertas).
  • Gosok dan bersihkan segala kotoran yang menempel, kitchen set yang terpakai biasanya meninggalkan banyak residu bekas minyak, lemak, atau kotoran lainnya.
  • Amplas perlahan permukaan kitchen set yang akan di cat, gunakan amplas grit #120, tidak harus sampai benar-benar terkelupas dan terlihat kayunya yang penting cat bisa menempel sempurna.
  • Lap dengan kain basah untuk memastikan tidak ada sisa debu atau bekas cat yang masih menempel pada permukaan kitchen set.
  • Jika terdapat cacat pada permukaan, misalnya lubang atau bocel, dempul dengan dempul kayu lalu amplas.
  • Amplas kembali dengan grit #320 untuk memastikan seluruh permukaan halus dan rapi serta siap untuk di cat. Lap dengan lap setengah basah (mamel) dan biarkan kering.
  • Setelah permukaan Kitchen set kering lakukan pengecatan dengan cat dasar, bila menggunakan cat berbasis minyak bisa mengunakan cat epoxy filler, bisa juga menggunakan cat primer waterbase yang berbasis air.
  • Setelah cat dasar kering amplas dengan grit# 400 untuk menghilangkan permukaan yang kasar.
  • Setelah diamplas bisa diaplikasikan cat sesuai warna material cat bisa cat enamel biasa atau cat pu 2 komponen atau waterbase.
  • Setelah cat kering bisa dilakukan aplikasi clear coat dengan pilihan glossy atau doff. (bisa clear 1 komponen atau PU 2 komponen)

 

Finishing Kitchen Set HPL (High Pressure Laminate)

Bahan pelapis yang saat ini sangat sering digunakan adalah bahan pelapis dari komposit plastik, seperti vinyl dan HPL. Penggunaan HPL dirasa bisa mempercepat kerja karena tinggal di tempel dan hasil finishingnya merata tidak seperti penggunaan cat.

HPL sebagai bahan pelapis mempunyai beragam pilihan motif, dari motif kayu sampai motif logam. Penggunaan HPL ditempelkan dengan lem yang didesain untuk menempel HPL. Penempelan HPL harus teliti dan hati-hati karena jika tidak teliti akan muncul gelembung-gelembung udara di dalamnya.

So, pilihan selalu berada di tangan konsumen apakah ingin menggunakan Kitchen Set Duco atau menggunakan HPL. Tentu sumua harus disesuaikan dengan desain dan budget.

 

Incoming search terms:

kitchen set duco vs hpl,duco vs hpl,lebih bagus hpl atau pernish,finishing hpl atau duco,mahalan mana cat doko atau hpl,tahapan pinishing hpl,perbedaan finishing duco dan hpl,untuk lapisan kayu bagus mana hpl atau duco,duco melamin hpl perbedaan,beda cat melamic dan cat duco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

logo-tata-griya2

Tata Griya Kontraktor Interior Melayani Perumahan, Perkantoran, dan Apartemen di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo