Memilih Kitchen Set Duco yang Sehat Bebas Kimia Berbahaya

June 23, 2018by Tata Griya InteriorTips Interior0

harga-kitchen-set-surabaya-terbaru.jpg?fit=600%2C450&ssl=1

Memilih kitchen set duco yang Sehat bebas kimia berbahaya. Kitchen set warna duco menampilkan keindahan warna solid yang elegan. Apalagi jika proses pengecatannya rapi dan teliti. Namun taukah bahwa cat duco menggunakan banyak sekali bahan kimia yang mengandung logam berat? Paparan kimia bisa dirasakan dari bau yang sangat menyengat.

 

Memilih Kitchen Set Duco Ramah Lingkungan

Paparan bahan kimia jika menggunakan cat yang mengandung timbal tinggi bisa mengakibatkan bahaya kesehatan termasuk kanker dan infeksi pernafasan. Adakah cat yang ramah lingjungan dan rendah voc yang ama? Jawabnya ada.

Teknologi saat ini telah berkembang sehingga menawarkan beragam pilihan yang lebih ramah lingkungan dan peduli kesehatan. Jika kita ingin memesan  dan memilih kitchen set duco, tanyakan secara detil bahan apa yang digunakan. Saat ini bahan yang rendah VOC terdapat pada cat PU berkualitas tinggi ( untuk cat minyak), dan juga cat waterbase PU acrylic (untuk cat berbasis air).

Di dalam cat kayu solvent terdapat banyak kandungan bahan kimia berbahaya bahkan beracun. Seperti formalin, timbal dan juga merkuri. Kandungan bahan kimia tersebut akan menguap dan akan dihirup oleh manusia. Bahan kimia yang akan dihirup oleh manusia akan menegndap dalam saluran pernapasan bahkan bisa mengendap dalam paru-paru. Apabila cat sudah mengendap maka dapat menimbulkan penyakit kanker seperti kanker darah, kanker paru-paru dan kanker tenggorokan.

Cat berbasis air atau waterbase sangat direkomendasikan untuk dapur dan interior. Bahkan di luar negeri cat waterbase sudah menjadi sarat untuk bahan interior. Imbasnya banyak perusahaan eksporter mebel dari Indonesia juga diminta menggunakan bahan yang ramah kesehatan kalau ingin menjual mebel ke luar negeri.

Cat duco waterbase dalam beberapa aspek memang lebih unggul. Namun saat ini hampir 80 persen furniture duco di Indonesia masih menggunakan cat solvent yang berbahaya.

 

Memilih Kitchen Set Duco: Cara Mengecat Duco Waterbase

  • Pastikan material kayu sudah bersih dan kering dengan MC kayu 12%. Kayu yang tidak kering akan menimbulkan jamur setelah aplikasi.
  • Dempul kayu dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar 20 menit lalu amplas hingga halus dengan kertas amplas no. 240.
  • Aplikasikan Primer coat yang sudah dicampur dengan air secukupnya dan diaduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray gun dengan teknik cross cut, tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari sekitar 60 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas no. 400 hingga mendapatkan permukaan yang halus dan rata.
  • Campurkan cat wateebase sesuai dengan warna pilihan dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Pastikan untuk mengaduk campuran hingga homogen baik sebelum pengecatan maupun selama pengecatan. Semprotkan seluruh bahan pada permukaan material hingga rata dengan teknik cross cut. Tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari kemudian diamplas dengan kertas amplas no. 400.
  • Langkah terakhir adalah mengaplikasikan top coat. Anda bisa menggunakan clear coat gloss, semi gloss, doff, matt atau death matt. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aplikaskan dengan spray gun dengan teknik cross cut. Furniture akan kering sempurna apabila telah didiamkan selama semalaman.  Untuk pemakaian heavy duty bisa menggunakan top coat berbasis PU.

Demikian cara memikih kutchen set duco, semiga memberi manfaat dan referenai yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

logo-tata-griya2

Tata Griya Kontraktor Interior Melayani Perumahan, Perkantoran, dan Apartemen di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo